Wednesday, November 11, 2020

Jangan Terlalu Sibuk Kerja, Begini Tips Seimbangkan Hidup dan Pekerjaan

[Bintang] Jomblo? Biar Kelihatan Punya Pacar di Hari Valentine, Ikuti Cara Berfoto Cowok Ini 

PT Rifan Financindo - Bekerja itu penting. Namun juga penting untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan dan kerja agar bisa mendapatkan rasio waktu yang tepat untuk bekerja dan untuk beraktivitas di luar pekerjaan.

Manusia tetaplah manusia, bukan seorang robot yang dapat bekerja seharian sehingga tetap memerlukan waktu untuk beristirahat dan beraktivitas dari pekerjaan yang telah dilakukan seharian.

Ingatlah bawa ada banyak hal hebat yang dapat dilakukan dengan waktu luang yang ada. Dengan menciptakan keseimbangan kerja dan hidup yang baik maka dapat membuat hidup jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Baca Juga :

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Minggu (1/11/2020) berikut 7 alasan mengapa memerlukan banyak waktu luang di luar kantor dan apa yang harus dilakukan dengan waktu luang tersebut:

1. Mengejar tidur yang telah Anda lewatkan
Sebuah Yayasan Tidur Nasional AS merekomendasikan agar mereka yang berusia 18 hingga 64 tahun untuk mendapatkan 6-10 jam waktu tidur sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kesehatan yang menurun dan berakibat buruk untuk menjalankan esok hari.

Salah satu cara sederhana untuk memantau jam tidur adalah dengan mendapatkan pelacak aktivitas yang secara otomatis mencatat berapa lama seseorang tidur dalam satu hari.

2. Lakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang ekstra
Saat malam tiba, masih tersisa beberapa jam sebelum tidur untuk mengejar minat lain dengan cara bekerja paruh waktu atau freelance. Melakukan pekerjaan sampingan dapat menjadi investasi yang berharga untuk waktu seseorang.

Pertimbangkan manfaat yang diinginkan dari pekerjaan paruh waktu untuk memutuskan pekerjaan sampingan yang diinginkan. Selain itu bekerja sampingan juga dapat membangun jaringan atau relasi yang kuat untuk menunjang masa depan.

3. Fokus pada pengembangan pribadi
Gunakan waktu dengan bijak dengan memperhatikan pendidikan untuk memperkaya diri sendiri. Di era yang serba digital seperti sekarang, memperkaya diri bisa juga dengan memilih opsi lain belajar melalui online.

4. Perkuat hubungan dengan keluarga dan teman
Coba pikirkan kapan terakhir kali Anda melakukan obrolan yang serius bersama orang terdekat? Jika sudah lama atau tidak teringat kapan hal tersebut terjadi maka meluangkan waktu untuk menjangkau hubungan dengan orang terdekat baik untuk kesejahteraan emosional.

Ingatlah bahwa ‘terlalu sibuk untuk bekerja’ adalah salah satu alasan yang bisa menimbulkan penyesalan nantinya.

5. Selesaikan tugas yang mengganggu
Ada beberapa tugas rutin yang harus dilakukan seperti pekerjaan rumah tangga, berbelanja kebutuhan, dan lain sebagainya. Mengabaikan tugas tersebut dapat membuat Anda berjuang untuk mengatasinya, sehingga teraturlah untuk melakukannya.

6. Lakukan sesuatu yang menyenangkan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan
Apa gunanya keseimbangan kehidupan kerja tanpa bersenang-senang? Nikmatilah hidup dengan melakukan hal yang disukai yang sudah lama tidak dilakukan.

Jika Anda merasa perlu menikmati hiburan untuk melepas dari pekerjaan, mungkin sudah waktunya untuk menilai ulang pekerjaan tersebut.

7. Memberi kepada komunitas
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberi kepada komunitas. Anda dapat melakukan hal ini bersama dengan orang terdekat sehingga dapat meluangkan waktu bersama-sama untuk berkumpul. PT Rifan Financindo.


Sumber : Liputan 6

No comments:

Post a Comment