Wednesday, September 15, 2021

Mau Bisnis Tembus Pasar Global? Simak 4 Tips Ini

 Kata-Kata tentang Bisnis

Rifan Financindo - Keterikatan antara satu negara dan lainnya sangat berhubungan akibat pesatnya perkembangan teknologi dan pembangunan infrastruktur yang serba modern.

Adapun berbagai bisnis yang sukses karena menerapkan peralihan digital untuk memanfaatkan daya beli di pasar internasional.

Melansir dari Forbes, Kamis (16/9/2021), beberapa perusahaan yang terkenal banyak yang melakukan pengembangan sampai ke luar negeri melalui proyek penerjemahan. Maksudnya, bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas sebelum menentukan strategis transisi.

Baca Juga :

Namun, yang seringkali menjadi pertanyaan pengusaha/pebisnis adalah bagaimana mengakses pasar luar negeri, apa saja yang harus dilakukan, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Oleh karena itu, ada 4 tips/cara bagi Anda untuk dapat memperluas wilayah jangkauan Anda. Simak penjelasan ini.

1. Berbicara menggunakan bahasa yang digunakan audiens
Menggunakan bahasa yang sama dapat mempermudah menaklukan pasar luar negeri. Ada banyak pengguna internet yang masih belum fasih menggunakan Bahasa Inggris.

Lagipula, memasarkan produk kepada audiens yang tidak mengerti bahasa Anda sama sekali adalah hal yang disayangkan. Kemampuan audiens memahami informasi tentang produk Anda punya dampak yang besar terhadap keputusan pembelian konsumen.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tim yang bisa menguasai multibahasa agar saat menghadapi audiens, tim dan perusahaan dapat memahami bagaimana karakteristik dari audiens dan pasar tersebut.

2. Buat merek Anda terlihat lokal
Selain mampu menerjemahkan produk Anda sesuai dengan target pasar luar negeri, kepekaan akan budaya dalam memproyeksikan produk Anda juga terpenting. Hal tersebut dapat membantu perusahaan lebih mudah disukai oleh audiens secara global.

Ditambah, akan ada keterlibatan secara langsung dari pelanggan. Langkah-langkah yang mungkin bisa dilakukan adalah menyesuaikan artikel/produk aplikasi bisnis dengan penggunaan regional, menyesuaikan presentasi perusahaan dengan nuansa budaya lokal, dan menggabungkan visualisasi produk dengan konteks budaya lokal.

Untuk beberapa kasus, publikasi terkait promosi produk atau tampilan situs web di luar negeri mungkin harus terlihat berbeda.

3. Libatkan ahli/profesional di bidang lokal
Pahami bagaimana produk lokal Anda dipasarkan. Hindari kesalahan dengan profesional yang bekerja di luar jangkauan Anda atau seseorang yang memiliki latar budaya yang berbeda.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah mempertimbangkan merekrut ahli lokal. Mereka adalah orang-orang yang dapat terlibat langsung dengan audiens lokal. Dengan begitu, perusahaan dapat menerima informasi terkait karakteristik, keluhan, dan masalah dari audiens lokal yang dapat diisi dengan kelebihan dari produk perusahaan Anda.

Tak hanya itu, latih juga ahli profesional lokal Anda tentang nilai-nilai perusahaan dan pesan yang ingin disampaikan melalui produk agar saat menjelaskan langsung ke audiens, dapat memengaruhi keputusan pembelian tersebut.

5. Pahami lebih dalam pasar luar negeri Anda
Pastikan untuk meneliti budaya lokal dan kondisi pasar yang unik, termasuk peraturan yang relevan. Lakukan observasi terlebih dahulu saat ingin menyusun ekspansi usaha untuk ke luar negeri.

Kemudian, minta beberapa tim Anda untuk menghabiskan waktu bersama penduduk setempat untuk mempelajari budaya mereka dan menjalin hubungan.

Pasar luar negeri dapat menyimpan potensi pertumbuhan yang menjanjikan bagi berbagai jenis bisnis. Namun, dibutuhkan strategi transisi yang tepat untuk berhasil memperluas jangkauan dari lokal ke global. Rifan Financindo.

Sumber : Liputan 6

No comments:

Post a Comment