Monday, December 21, 2020

Ingin Tim Kerja Kompak, Hindari Dulu 7 Kesalahan Komunikasi Ini

[Fimela] bekerja

Rifan Financindo - Hubungan yang baik ada karena komunikasi berjalan baik. Baik itu hubungan kepada pasangan, sahabat, rekan kerja, atau dalam organisasi.

Hal itu berlaku untuk di sekolah, lingkungan tempat tinggal, atau lingkungan kerja. Hubungan tersebut bisa jadi renggang atau bahkan berhenti jika tidak adanya sebuah komunikasi yang baik. Terlebih dalam tim bisnis, komunikasi itu sangat penting.

Bentuk komunikasi yang buruk tentu akan sangat berdampak. Kegagalan dalam berkomunikasi dapat membebani bahkan mengakhiri hubungan.

Baca Juga :

Jika sudah terjadi seperti itu, bisa jadi organisasi atau tim Anda yang tadinya sedang berkembang justru terjadi kekacauan.

Karena itu, miskomunikasi di tempat kerja dalam tim atau organisasi bisnis Anda dapat menurunkan produktivitas. Oleh karenanya, perlu dihindari hal-hal yang membuat miskomunikasi dan akhirnya dapat membunuh produktivitas tim Anda.

Mengutip laman Forbes, Selasa (22/12/2020), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan komunikasi tersebut. Berikut penjelasannya.

1. Hindari frasa yang buruk
Komunikasi tertulis sama pentingnya dengan komunikasi verbal. Penyampaian dan pemilihan kata yang buruk dapat membingungkan anggota lain yang membaca atau mendengarnya (ambigu). Tidak heran jika anggota lain jadi salah mengartikan sehingga perlu klarifikasi lagi.

Penulisan serta penyampaian yang jelas dan ringkas adalah hal yang utama. Terlebih di masa pandemi ini, banyak orang yang bekerja dari rumah (work from home). Mereka memerlukan informasi yang jelas.

Terkadang komunikasi verbal yang mereka andalkan. Biasanya jika akan berkomunikasi verbal, email dan pesan instan menjadi salah satu caranya. Oleh karena itu, tulislah pesan yang singkat, padat, serta tidak ambigu. Melalui hal tersebut, pemberi dan penerima informasi masih bisa berhubungan dan berinteraksi dengan baik.

Jika Anda harus memberi kritik kepada orang lain melalui komunikasi verbal, Anda perlu meningkatkan keterampilan tata bahasa terlebih dulu. Hal itu dilakukan agar Anda bisa mengomunikasikannya dengan baik.

2. Perbedaan zona waktu
Mungkin saja Anda akan berkomunikasi dengan rekan kerja yang jaraknya cukup jauh dengan Anda, seperti berbeda negara.

Dalam hal seperti itu, tantangannya adalah masalah waktu karena pasti setiap negara memiliki perbedaan waktu. Oleh karena itu, Anda bisa meminta rekan Anda untuk melampirkan zona waktu pada setiap rapat yang dijadwalkan.

Atau jika Anda akan mengadakan rapat, Anda harus memperjelas waktunya itu kapan. Dengan begitu, rekan atau anggota kerja lain bisa menyesuaikan dan membuat pengingat tentang rapat tersebut.

Anda bisa menetapkan jam kerja inti yang diberlakukan di perusahaan. Hal itu berguna untuk memastikan setiap anggota tim dapat menjangkau zona waktu lain yang berbeda sehingga setidaknya bisa terjadi sekali dalam sehari.

3. Harapan yang tidak jelas
Anda harus memperjelas tugas apa yang diberikan untuk anggota atau tim. Karena tanpa mereka dan Anda jelaskan dengan baik, produk yang dibuat nantinya kemungkinan tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, sebelum membuat sesuatu yang baru Anda bisa menjelaskannya terlebih dulu kepada tim.

Tetapkanlah sesuai dengan harapan yang ada dalam tujuan Anda. Jika Anda meminta anggota tim untuk mendeskripsikan pekerjaan-pekerjaan, bisa memikirkan apakah nanti akan diposting langsung ke situs kerja atau tidak.

Jika iya, berarti Anda perlu editor untuk menyunting naskahnya. Selain itu, jika Anda ingin tim atau perusahaan Anda dipormosikan Anda bisa meminta bantuan tim media sosial untuk membuat konten yang menarik. Rifan Financindo.


Sumber : Liputa 6

No comments:

Post a Comment