Tuesday, September 1, 2020

Merasa Sulit Menabung, Begini Rahasianya

Ilustrasi keuangan

Rifanfinancindo - Bagi kebanyakan orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri tentunya sulit untuk menahan diri tidak membeli barang-barang yang diinginkan. Sehingga berujung tak banyak pula uang yang bisa ditabung untuk menjamin masa depan.

Tentunya dalam menabung tidak memandang usia. Jika sedini mungkin Anda ingin menabung tetapi bingung menabung uang dari mana? Mungkin Anda bisa memulai dari menabung uang jajan yang Anda dapatkan dari orang tua.

Seperti J.P. Livingston (menggunakan nama pena) pada blognya The Money Habit, dia membahas bagaimana bisa menyusun finansial sejak usia 12 tahun. Dia mengikuti Salinan keuangan pribadi “Rich Dad, Poor Dad” sehingga dapat memicu dirinya untuk menabung dan berinvestasi.

Baca Juga :

Ketika berkuliah dan bisa lulus dalam waktu tiga tahun, dia menyadari bahwa sejatinya bisa menabung dengan jumlah yang besar. “Ini sangat membantu saya secara finansial,” kata Livingston kepada CNBC, Rabu (2/9/2020).

Usai lulus, Livingston bekerja di sebuah perusahaan investasi dan menerima kenaikkan gaji di tahun-tahun berikutnya. Dia pun dapat menabung beberapa persen dari gaji dan bonus akhir tahun yang ia terima.

Livingston menghasilkan banyak uang, dia juga berbagi strategi untuk menabung banyak selama bertahun-tahun seperti melacak pengeluaran dan mengotomatiskan tabungan, selain itu pikirkan tentang pembelian dalam kaitannya dengan biaya per jam.

“Untuk mencapai tingkat tabungan yang tinggi, mulailah melihat pembelian Anda dalam satuan waktu, bukan dolar,” kata J.P. Livingston kepada CNBC.

Alih-alih membeli iphone baru, Anda dapat menghitungnya jika harga barang itu setara dengan 60 jam kerja atau satu setengah minggu dari hidup Anda. Sehingga dapat Anda pertanyakan apakah pembelian itu sepadan.

"Jika penghasilan Anda meningkat, tetap pertahankan pengaturan hidup untuk tetap sederhana," sarannya. Rifanfinancindo.


Sumber : Liputan 6

No comments:

Post a Comment