Thursday, May 14, 2020

Planet Tiga Kali Ukuran Jupiter Ditemukan!

Kepler-88 d has a mass three-times that of our solar systems Jupiter.

PT Rifan Financindo - Penemuan sebuah exoplanet berukuran tiga kali dari ukuran Planet Jupiter cukup menggegerkan. Sejumlah astronom yang dipimpin The University of Hawaii Institute for Astronomy (UH IfA) adalah yang menemukannya setelah mempelajari data enam tahun lamanya.

Panggil dia dengan sebutan 'Kepler-88 d'. Ukurannya luar biasa besar mengingat ukuran Jupiter sendiri 300 kali lebih besar dari Bumi, widih!

Data dikumpulkan di WM Keck Observatory yang berlokasi di Maunakea, Hawaii. Para astronom menggunakan teleskop Keck I 10 meter yang dilengkapi dengan instrumen High-Resolution Echelle Spectrometer (HIRES). Penamaan Kepler-88 sendiri telah dilakukan secara alfabet sesuai dengan urutan penemuan mereka seperti Kepler-88 c dan Kepler-88 d.

Baca Juga :
Exoplanet besar Kepler-88 d terletak lebih dari 1.250 tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya digunakan untuk mengukur jarak di ruang angkasa. Satu tahun cahaya sama dengan sekitar 6 triliun mil.

Sementara Kepler 88-b lebih kecil dari Neptunus, Kepler 88-c memiliki ukuran yang sebanding dengan Jupiter. 'Kepler 88-b' dan 'Kepler 88-c' mengorbit bintang dalam masing-masing 11 dan 22 hari, demikian dikutip dari Financial Express.

Penemuan Kepler 88-d diharapkan bisa meningkatkan pemahaman astronom tentang sistem bintang. Planet yang berukuran besar biasanya cenderung mempengaruhi tata surya masing-masing. PT Rifan Financindo.

Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment